Ini Peran Protein untuk Tumbuh Kembang Anak

Mungkin belum banyak yang mengetahui apa saja manfaat protein bagi anak. Ya, protein yang termasuk zat makronutrien ini memiliki segudang faedah penting untuk tumbuh kembang anak, dan berikut di antaranya:

Membentuk sistem kekebalan tubuh

Perlu kita tahu Bu, protein ternyata memproduksi sel-sel darah putih. Apa gunanya? Sel darah putih ini berperan sebagai pelindung tubuh. Atau, dalam bahasa lain, berperan sebagai antibodi atau membentuk sistem kekebalan tubuh. Artinya, fungsi protein ini menjaga tubuh sehingga tidak mudah sakit akibat diserang infeksi kuman penyakit. Alhasil, tubuh si kecil tetap terjaga sehat.

Protein diperlukan guna membangun semua senyawa dalam sistem kekebalan tubuh. Maka, bila jumlah zat protein kurang atau  tidak mencukupi, tubuh akan lemah dan tak mampu melawan zat asing atau penyakit, baik itu virus atau bakteri.

Membangun sel dan jaringan tubuh

Zat protein juga menjadi salah satu pondasi utama untuk membangun sel-sel serta jaringan dalam tubuh. Tak hanya itu, protein juga berfungsi mempertahankan dan mengganti sel atau jaringan yang rusak di berbagai bagian tubuh anak, seperti kulit, rambut, tulang, dan otot. Maka protein dikatakan berperan dalam menjaga kesehatan kulit, rambut bahkan kuku. Jadi, kulit anak jadi tak mudah kering, rambut tidak mudah patah atau rontok dan tetap sehat. Begitu juga kuku, tak tampak kusam.

Menjaga proses metabolisme tubuh

Protein juga berperan penting dalam menjaga proses metabolisme tubuh, sehingga tubuh tetap terjaga kesehatannya.

Menghasilkan kalori atau energi

Ketika anak mengonsumsi sumber makanan yang mengandung protein, dia akan merasa cukup kenyang.  Ya, protein membuat efek cepat kenyang atau tidak mudah lapar. Selain itu, kebutuhan protein anak bila terpenuhi akan dapat menggantikan fungsi karbohidrat dalam menghasilkan kalori, sehingga menyediakan cadangan energi bagi tubuh anak.

Memproduksi enzim dan hormon

Zat protein juga berperan menghasilkan enzim dan hormon yang digunakan untuk menjaga fungsi tubuh sehingga tetap sehat  dan tak gampang sakit.

Mempercepat proses penyembuhan luka

Bila si kecil cedera atau terluka, zat protein ini dapat membantu proses penyembuhan luka, lho, Bu. Kok bisa? Ya, protein dapat meningkatkan jumlah sel darah putih baru dalam tubuh anak. Seperti kita tahu, tubuh membutuhkan protein untuk membangun kembali sel yang rusak, jaringan serta kulit baru. Nah, bila anak kekurangan protein, cedera atau luka yang dialami anak akan lebih lama proses penyembuhannya.

Sumber:

Photo by Anastasia Shuraeva from Pexels

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *