Jenis Makanan yang Mempercepat Penyembuhan Demam Dengue

 

Sebagai negara tropis, tingkat kasus demam dengue atau demam berdarah (DBD) di Indonesia terbilang tinggi. Bahkan, konon di level Asia Tenggara, Indonesia tercatat di peringkat pertama sebagai negara dengan kejadian DBD paling tinggi. Sedangkan di dunia, Indonesia menduduki peringkat kedua setelah Brasil.

 

Ya, seiring musim hujan, demikian pula dengan musim DBD. Pasalnya, nyamuk aedes aegypti yang menyebabkan demam berdarah makin mudah berkembang biak di musim ini. Demam berdarah dapat menyerang siapa saja, baik orang dewasa maupun anak-anak.  Penyakit ini dapat menyebabkan kematian jika tidak ditangani dengan tepat. Sayangnya, belum ada vaksin yang mencegah DBD.

Selain itu, tidak ada obat khusus yang dapat menyembuhkan penyakit yang satu ini. Pasien DBD hanya dapat mengonsumsi obat penurun panas dan obat pereda nyeri. Hal lain yang dilakukan adalah banyak istirahat, minum banyak cairan, dan meningkatkan kekebalan tubuh untuk melawan virus dengue dalam tubuh. Nah, makanan yang tepat tentu dapat membantu Anda untuk meningkatkan imunitas tubuh.

Berdasarakan review studi yang dipublikasikan dalam Journal of Natural Medicines, ada jenis tanaman yang potensial sebagai anti-dengue. Artinya, konsumsi tanaman ini dapat mempercepat proses penyembuhan jika kita terjangkit virus dengue. Jurnal ini menyebutkan, 69 studi yang dilakukan dari 1997-2012 mengungkap ada lebih 31 spesies dari 24 famili tanaman yang diketahui memiliki sifat anti-dengeu.

 1. Sambiloto (Andrographis paniculata)

Sambiloto banyak dimanfaatkan sebagai tanaman obat. Rasanya sangat pahit. Tanaman ini banyak ditemukan di daerah Asia. Sambiloto juga mempunyai sifat antibakteri, antivirus, dan antiparasit yang membuatnya mampu menyembuhkan penyakit infeksi. Ekstrak metanol dari daun sambiloto menunjukkan efek penghambatan anti-virus pada virus dengue.

2. Daun jambu biji (Psidium guajava)

Ekstrak daun jambu biji telah dites secara invitro dan menunjukkan hasil dapat mengahambat pertumbuhan virus dengue. Air rebusan daun jambu biji yang diminum dapat digunakan untuk mencegah dengue hemorrhagic fever, yakni demam berdarah yang parah (menyebabkan perdarahan serius, penurunan tekanan darah tiba-toba, hingga kematian). Buah jambu biji yang matang juga ternyata dapat digunakan untuk penyembuhan demam berdarah, yakni menaikkan angka trombosit.

3. Pepaya (Carica papaya)

Daun pepaya secara tradisional banyak dimanfaatkan untuk pengobatan demam dengue. Daun pepaya diketahui potensial untuk melawan demam dengue. Ekstrak air daun pepaya menunjukkan aktivitas potensial terhadap demam dengue dengan cara meningkatkan jumlah trombosit, sel darah putih dan neurotrophils pada darah. Jika tromobosit menigkat maka dapat mencegah terjadinya perdarahan dan mencegah demam berdarah yang lebih parah.

 

Sumber:

  • Potential anti-dengue medicinal plants: a review. 2013. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3765846/

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *