Obat Pereda Batuk Alami untuk Anak

Batuk menjadi penyakit langganan yang kerap menjangkiti anak-anak. Namun sebaiknya hindari pemberian obat batuk yang dijual bebas maupun resep dokter terlalu sering. Ibu bisa mencoba memberikan obat Pereda Batuk alami, dan jika batuk tak kunjung sembuh, maka sebaiknya ibu berkunjung ke dokter.

  1. Madu

Menurut American Academy of Family Physicians (AAFP) madu dapat menurunkan frekuensi dan keparahan batuk pada anak usia 1-18 tahun. Madu juga dapat meningkatkan kualitas tidur. Dilansir dari situs Mayo Clinic, madu  efektif meredakan batuk dan ada sebuah penelitian yang menyebutkan bahwa pada anak usia 1-5 tahun yang menderita infeksi saluran pernafasan atas diberikan 2 sendok teh madu menjelang tidur dapat menurunkan kejadian batuk saat malam, sehingga dapat meningkatkan kualitas tidur. Ibu bisa mencampurkan madu dengan air hant suam kuku. Dan pastikan tidak memberikan madu pada anak usia di bawah 1 tahun.

  • Jahe

Jahe memiliki sifat anti-inflamasi dan antioksidan sehingga dapat membantu meredakan batuk pada anak dengan menurunkan perdangan pada saluran pernafasan, jahe juga dapat membantu menekan refleks batuk. Namun sebaiknya jahe tidak diberikan untuk anak usia kurang dari 2 tahun, atau sebaiknya Anda konsultasikan kepada dokter jika ingin memberikan si kecil jahe. Ibu bisa membuat air jahe dengan cara merebus potongan jahe dalam air.

  • Kaldu

Kaldu berfungsi meredakan gejala batuk. Kaldu yang terbuat dari aneka bahan pangan seperti protein dan sauran dapat membantu mengencerkan lender di saluran hidung, serta menambah energi untuk tubuh.

  • Berkumur dengan air garam

Kumur dengan air garam diketahui dapat membantu mengencerkan lender, meringankan batuk dan sakit tenggorakan. Caranya, ibu bisa larutnya setengah sendok teh garam ke dalam secangkir air hangat. Lalu gunakan air tersebut utnuk berkumur. Ulangi setiap hari hingga batuk berkurang. Pastikan anak sudah mampu berkumur dan memuntahkan kembali air garam tersebut ya Bu, jangan sampai terminum.

  • Probiotik

ada banyak jenis pangan probiotik seperti pangan fermentasi. Probiotik ini dapat meredakan batuk dan meningkatkan kekebalan tubuh, karena bakteri baik dalam usus jumlahnya lebih banyak. Jika kekebalan tubuh meningkat maka dapat membantu melawan infeksi yang menyebabkan batuk. Jenis bakteri probiotik yang terbukti mampu membantu mencegah flu ringan adalah Lactobacillus.

Foto oleh Gustavo Fring: https://www.pexels.com/id-id/foto/gadis-anak-sakit-flu-4000624/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *