Pisang Kerok untuk Bayi usia < 6 Bulan, Bahaya!

Beberapa waktu lalu viral video yang menampilkan seorang ibu sedang menyuapi bayi yang berusia kurang dari 6 bulan dengan pisang kerok. Alasannya, supaya anak lebih kenyang dan anteng. Hal ini sebaiknya tidak ditiru ya Bu, karena membahayakan dan sangat tidak dianjurkan.

Kandungan gizi pisang memang baik dan bermanfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuh, namun tidak untuk bayi usia < 6 bulan. Bayi sebaiknya hanya diberi air susu ibu (ASI) atau pengganti ASI (jika ASI tidak ada) hingga usianya 6 bulan. ASI adalah makanan sempurna bayi bayi, dapat membantu menjaga bayi dari risiko terkena penyakit seperti diare dan infeksi. ASI dapat memenuhi kebutuhan gizi bayi hingga usianya 6 bulan.

Ada bahaya mengintai bayi jika ibu memberikan pisang kerok atau makanan lain (selain ASI) pada bayi usia < 6 bulan, di antaranya yakni

Risiko tersedak

Meskipun sudah dihaluskan dan dicairkan, tekstur pisang tidak sama dengan ASI. Bayi yang belum memiliki kemampuan mengunyah, menelan, dan mendorong makanan, inilah yang memicu timbulnya risiko tersedak jika bayi dipaksa untuk menelan makanan.

Gangguan pencernaan

Sistem pencernaan bayi usia < 6 biulan belum sempurna dan optimal. Pemberian makanan, termasuk pisang membuat usus bayi bekerja terlalu keras, inilah yang menyebabkan gangguan pencernaan seperti sembelit dan diare, Jika bayi sering mengalami gangguan pencernaan, maka dapat mengganggu proses penyerapan gizi dan bayi berisiko mengalami kekurangan gizi.

Bisa mengalami alergi

Jika bayi dipaksa untuk mencerna berbagai makanan selain ASI padahal tubuhnya (pencernaannya) belum siap, maka kekebalan tubuh bayi akan terganggu dan melemah sehingga ia rentan mengalami alergi nantinya.

Kekurangan zat besi

ASI kaya akan zat besi dan mudah sekali diserap oleh tubuh bayi. Jika asupan ASI berkurang karena pemberian makanan (yang rendah zat besi) tentunya bayi akan berisiko mengalami kekurangan zat besi. Zat besi sangat dibutuhkan untuk memproduksi hemoglobin yang bertugas menyalurkan oksigen ke seluruh tubuh.

Foto oleh Aleksandar Pasaric: https://www.pexels.com/id-id/foto/foto-pisang-kupas-di-piring-kuning-dan-latar-belakang-2872767/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *