Tips Meminimalkan Sudden Infant Death Syndrome

Sering timbul kekhawatiran mengenai timbulnya SIDS (Sudden Infant Death Syndrome, sindrom kematian bayi secara mendadak) -terutama bagi orang tua yang memiliki bayi. Lalu, mereka mencoba berbagai produk bayi untuk mencegahnya. Benarkan produk-produk tersebut memang bisa mencegah terjadinya SIDS?

Hal tersebut dijawab oleh Food and Drug Administration (US FDA) dalam website resminya. Dalam keterangannya, FDA secara tegas menyatakan bahwa tidak ada satupun produk bayi yang dapat mencegah SIDS. Mereka menganjurkan bahwa cara terbaik untuk menghindarinya adalah dengan menempatkan punggung bayi secara tepat di tempat tidur, tanpa penambahan alat apapun juga. Dengan demikian, FDA menyangkal klaim yang diberikan oleh beberapa produk bantu untuk tidur bayi, seperti infant positioner, matresses, crib bedding, pillows, crib tents, dan baby monitor. Bahkan sebaliknya, beberapa produk tersebut bisa menjadi sangat membahayakan. Oleh sebab itu, FDA tidak pernah memberikan persetujuan terhadap produk yang mengklaim dapat mencegah SIDS dan meminta produsen menghentikan pemasarannya. Sementara itu, produk yang mengklaim dapat menyembuhkan atau memberi treatment untuk mencegah kondisi tertentu dikategorikan sebagai peralatan medis yang memiliki ketentuan berbeda.

Bagaimana tips menghindari SIDS? Chief Pediatric Medical Officers di FDA’s Center for Devices and Radiological Health, Susan Cummins, M.D., memberikan beberapa cara dalam meminimalkan SIDS. Dia menyebutnya sebagai metode A-B-C, yakni:

Alone in their own bed. Artinya, sebaiknya menidurkan bayi di tempat tidurnya sendiri Jangan menidurkannya tepat di sebelah Anda, karena dapat berisiko tertindih dan tercekik tanpa sadar oleh Anda. Jika ingin menempatkan bayi tepat di sebelah, usahakan Anda tetap tersadar.

Back to sleep. Cara terbaik untuk menidurkan bayi adalah dengan menempatkan punggungnya di atas kasur. Bukan di posisi lain.
Crib. Bayi sebaiknya diletakkan pada boks bayi tersendiri.

Demikian tips yang kami rangkum dari www.fda.gov, semoga dapat membantu. Felanesa

Foto oleh Pixabay: https://www.pexels.com/id-id/foto/kaki-bayi-di-keranjang-anyaman-coklat-161534/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *