Bolehkah Bayi Makan Nanas?

Ada banyak jenis sayur, buah dan makanan lain yang perlu dikenalkan pada bayi saat ia memasuki fase makan makanan pendamping ASI (MPASI), salah satunya adalah nanas.

Nanas adalah jenis buah yang lezat, segar dan menyehatkan kaya vitamin C, B6 dan magnesium. Nanas diketahui sebagai buah tropis dengan citarasa asam yang dominan. Banyak ibu yang ragu untuk mengenalkan nanas pada bayi karena khawatir dengan rasa asam pada buah tersebut.

Ibu bisa mengenalkan nanas dalam jumlah sangat sedikit untuk melihat reaksi yang terjadi pada anak. Jika anak tidak menunjukkan reaksi apapun maka menurut situs WebMD, nanas bisa mulai dikenalkan saat bayi berusia 6 bulan.

Namun menurut The American Academy of Pediatrics (AAP) melansir situs Healthline, sebaiknya orang tua berhati-hati saat memberikan jeruk atau buah yang bercitarasa asam pada bayi terutama saat memulai MPASI. Asam sitrat yang terkandung pada nanas dikhawatirkan dapat mengiritasi lambung bayi dan juga bisa memicu terjadinya diaper rush. Hal ini bisa terjadi pada bayi yang sensitif. Jika seperti ini, ibu bisa mulai mengenalkan nanas saat usianya 1 tahun.

Gizi dalam nanas

Sama seperti jenis buah sitrus, nanas kaya vitamin c yang sangat baik untuk mendukung sistem imun bayi. Vitamin C juga dapat membantu mengoptimalkan penyerapan zat besi pada tubuh. Nanas juga mengandung mineral mangan yang penting untuk pertumbuhan dan metabolisme anak. Nanas mengandung antioksidan yang membantu melawan penyakit kronis.

Cara menyajikan nanas untuk bayi

Mulai dengan mengenalkan nanas dalam bentuk pure dengan jumlah sedikit. Jika usia bayi sudah memasuki 8 bulan maka potong nanas dengan bentuk kotak memanjang agar mudah dipegang.

 

Sumber:

https://www.healthline.com/health/parenting/can-babies-eat-pineapple#When-to-Introduce-Pineapple

https://www.webmd.com/baby/when-can-a-baby-have-pineapple#:~:text=Pineapple%20is%20known%20as%20a,when%20your%20baby%20is%20older.

https://solidstarts.com/foods/pineapple/

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *