Cara Kenali Susu, Jus buah, Mentega dan Saus yang Sudah Rusak

Faktor keamanan dan kelayakan pangan yang kita konsumsi harus diperhatikan. Sumber makanan yang akan kita konsumsi sebaiknya berkualitas baik dan tak mengalami kerusakan yang justru dapat merugikan tubuh. Ada berbagai jenis makanan yang terbilang cukup sering dikonsumsi masyarakat. Akan tetapi, tak sedikit yang tahu bagaimana keamanan dan kelayakan bahan pangan tersebut. Alih-alih membuat tubuh sehat, malah menimbulkan penyakit. Berikut beberapa makanan yang cukup populer serta bagaimana mewaspadai keamanan dan kelayakannya.

Susu UHT

Ada beragam jenis produk susu dipasaran. Salah satu yang cukup digemari adalah susu UHT. Produk ini diolah dengan cara dipanaskan dengan suhu sangat tinggi yaitu hingga 140oC dengan waktu yang sebentar. Kemudian, dimasukkan ke dalam kemasan khusus yang tebal sehingga tak mudah rusak oleh oksidasi suhu luar. Alhasil, komposisinya hampir tak berubah dari susu semula. Akan tetapi, produk susu UHT diberi beragam rasa, seperti cokelat, vanilla atau stroberi. Artinya, sudah ada penambahan rasa, plus gula yang cukup tinggi. Susu UHT tahan lama dalam suhu ruangan sejauh masih tersegel. Kecuali, sudah dibuka maka harus dihabiskan dalam waktu dua hari.

Ciri Susu UHT yang sudah tak aman atau tak layak

  • Tampak kental atau seperti gel karena terkontaminasi bakteri. 
  • Menggumpal.
  • Susu yang tak layak rasanya tak enak/getir dan
  • Bau basi/busuk/ bau asam

Jus buah uht

Jus buah UHT didalamnya diberikan gula, asam sitrat, pengawet. Sebelum dikonsumsi, perhatikan tanggal kedaluwarsanya. Bila sudah tidak aman dikonsumsi, konsistensinya berubah, tampak terpisah ada air di permukaannya. Kemudian, tercium bau alkohol dan rasanya sudah tidak enak.

Yoghurt

Dulu, yoghurt disebut susu basi. Padahal, tidaklah demikian. yoghurt diasamkan oleh dua jenis bakteri. Sama seperti produk pangan lain. Bila sudah tak layak dikonsumsi, terasa bau basi, seperti bau muntah bayi. Pun, rasanya tak enak. Tampak pula konsentrasi yang berubah atau terpisah. Bagian atas tampak kental, di bagian bawah tampak cair. Perhatikan tanggal kedaluwarsa sebelum dikonsumsi.

Mentega

Mentega atau butter berbahan dasar susu. Pada suhu ruangan, butter akan mencair karena itu harus disimpan di dalam kulkas. Bila dalam kondisi terbuka, aromanya bisa hilang, selain mencair. Kemudian mudah dihinggapi jamur sehingga baunya terasa tengik. karena itu, perhatikan dengan seksama kondisi mentega sebelum dikonsumsi.

Saus

Bahan baku saus adalah tomat dan cabai. Pastikan tanggal kedaluwarsa produk sebelum dikonsumsi. Bila sudah terkontaminasi, saus berubah menjadi cair, baunya sudah berbeda dan tak terasa enak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *